Senin, 02 Agustus 2021

KIAT MENJADIKAN BUKU ANDA BEST SELLER

 


Resume Materi    : 10

Materi                 : PEMASARAN BUKU

Pemateri             :  Agus Subardana, MM

Moderator           : Aam Nurhasanah

Hari/Tanggal      :  Senin / 02 Agustus 2021

 

Pemateri malam ini adalah Pak Agus Subardana, MM dari Penerbit Andi Publiser Jogjakarta, Salah satu penerbit Mayor sejajar dengan Erlangga dan Gramedia. 

Materi yang akan disampaikannya tentang Pemasaran Buku.  Sedangkan moderatornya adalah bu Aam Nurhasanah yang sudah sangat dikenal oleh kami peserta Kegiatan Belajar Menulis Gelombang 19 dan 20. Keakraban kami dengan bu Aam karena beliau paling sering jadi Narasumber dan kadang jadi Moderator.

Bagi yang membutuhkan konsultasi seputar penerbitan buku dan pemasarannya supaya bukunya jadi laku keras atau Best Seller, lebih lanjut dapat menghubungi beliau di : Hp. : 08112 936 680, Email : agustinussaputra52@gmail.com, Blog : Literasikangagus.blogspot.com. Beli Buku  www.andipublisher.com, Channel Youtube  : Literasi By Agus.

Dalam paparannya Pak Agus mengupas tentang buku terlebih dahulu. Ia menyatakan bahwa  Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran, dan sarana  penyampaian informasi.

Sejak dini, anak anak kita telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka macam buku. Pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini.

Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

Diakuinya bahwa Pandemi Covid-19 ini sangat memukul industri perbukuan saat ini, dari 1.328 penerbit yang terdaftar di IKAPI saat ini banyak yang tumbang. Untuk bisa tetap survival maka dibutuhkan strategi pemasaran jitu dan tepat. Karena dengan dipasarkannya buku maka proses pencerdasan kehidupan bangsa tetap berjalan. Gambaran industri penerbitan buku dapat dilihat di bawah ini :


Dampak penjualan buku karena pandemi korona begitu terasa toko buku dan penerbit buku banyak tutup. Pengunjung buku yang datang ke Mall sangat menurun, karena khawatir. Penerbitan buku dan pengiriman buku turun hingga 60 prosen. Alhamdulillah Penerbit Andy masih bisa bertahan, padahal penerbit buku lain sudah banyak yang gulung tikar. Grafiknya dapat dilihat di bawah ini :


Januari dan Februari awal Pandemi penjulan buku masih baik, namun sejak Maret hingga Mei 2020 menurun drastis, Juni tahun 2021 ada kenaikan sedikit dan dengan pemberlakuan PPKM  dari Juli hingga hari ini merosot lagi. Sehingga butuh strategi pemasaran buku secara digital atau lewat on line, tidak melalui Toko Buku, karena tokonnya tutup.

Era Low Touch Ekonomi ditandai dengan adanya interaksi yang minim interaksi fisik dan lebih mengutamakan interaksi digital. Tempat bekerja sekarang dengan work from home atau bekerja di rumah, belajar pun demikian dilakukan secara daring dari rumah masing masing. Kita harus lakukan transformasi dalam pemasaran buku.

Strategi yang dapat dimainkan dalam pemasaran buku di era LTE dengan melakukan strategi seperti pemasaran lewat market place, dan media social lainnya. Lakukan penawaran khusus, diskon, adakan webinar, menjadi penjual buku on line yang cepat tanggap, serta pintar membaca apa dimau oleh pembeli.


Contohnya kami penerbit Andi, Pilihan strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik .

Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku.

Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).

Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .  Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :

1.       Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2.       Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

Saat ini kami dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami terus jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 10.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori.

Strategi Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :

1.   Pemasaran on line atau lewat udara

2.   Pemasaran langsung lewat darat tetap di tempuh mealaui toko buku modern, semi modern, dan tradisional.

Sistem yang ditatapkan di took buku modern bisa system konsinyasi, sedangkan di toko buku tradisional dengan cara tunai. Adakan promosi dan kegiatan di took buku bila nanti normal, kalua di masa pandemic biasanya diadakan potogan harga, atau promo di event kegiatan kampus dan sekolah.

Dan hal menarik adalah ternyata di masa Pandemi ini buku buku tentang kesehatan mengalami peningkatan penjualan, seperti tampak pada daftar buku terlaris alias BEST SELLER di bawah ini :



    Sebagai kata penutup, pandemi pastinya berdampak besar bagi industri perbukuan. Banyak penerbit gulung tikar dan toko buku tutup karena tidak ada pengunjung. Namun demikian bagi penerbit yang mampu melakukan transformasi pemasaran seperti kami Penerbit Andy , terbukti kami bertahan dengan strategi darat dan udara alias on line dan off line. 

Kualitas buku dipertahankan dan terus tingkatkan pelayanan prima, serta pandai melihat peluang pasar menjadi kunci utama tetap bertahan dan eksis di era pandemi dalam bisnis buku. TERUSLAH SEMANGAT MENULIS, KARENA KAMU ADA DENGAN BUKUMU.


 




19 komentar:

  1. resumenya runut dan mengalir sekali. ini bagian dari Serangan Udara. semangaat

    BalasHapus
  2. Mantap pak ketuaπŸ‘πŸ˜Š

    BalasHapus
  3. luuuuar biasa, kerren, saya suka

    BalasHapus
  4. Mudah dipahami materiny..sllu suka bacany

    BalasHapus
  5. Penyampaian yang bersahaja dan lengkap πŸ‘

    BalasHapus
  6. Cerdas dan cekatan pak ketua ,..lanjutkan semangat menulis kita yha....

    BalasHapus
  7. Saya mulai hafal nih, style pal Ketua. Berusaha mandiri dalam.pemilihan kalimat...πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  8. Malam ini Pak ketua sdh melakukan serangan udara dgn naik keperingkat atas, di bawah Ms. Phia .... kereeenn πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  9. Keren pak ketua, materi terresume dg sempurna

    BalasHapus
  10. Mantep pak ketua... tambah keren

    BalasHapus
  11. Mantap sangat pak ketua πŸ™πŸ€©

    BalasHapus
  12. Terima kasih SDH mampir dan komentar

    BalasHapus
  13. Luar biasa, pak ketua tulisannya sudah masuk 3 besar

    BalasHapus
  14. Era Low Touch Ekonomi .

    Kata ini yang semalam membuat Saya kehilangan jejak.

    Terimakasih Pak Dail

    BalasHapus
  15. Bisa menjadi referensi bacaan yg bagus. Goood pak

    BalasHapus

DI STASIUN PONDOK CHINA JODOHKU BERSATU

Popular posts