Resume Materi
: 10
Materi
: PEMASARAN BUKU
Pemateri :
Agus Subardana, MM
Moderator :
Aam Nurhasanah
Hari/Tanggal
: Senin / 02 Agustus 2021
Pemateri malam ini adalah Pak Agus Subardana, MM dari Penerbit Andi Publiser Jogjakarta, Salah satu penerbit Mayor sejajar dengan Erlangga dan Gramedia.
Materi yang akan disampaikannya tentang Pemasaran
Buku. Sedangkan moderatornya adalah bu
Aam Nurhasanah yang sudah sangat dikenal oleh kami peserta Kegiatan Belajar
Menulis Gelombang 19 dan 20. Keakraban kami dengan bu Aam karena beliau paling
sering jadi Narasumber dan kadang jadi Moderator.
Bagi yang membutuhkan konsultasi seputar
penerbitan buku dan pemasarannya supaya bukunya jadi laku keras atau Best Seller,
lebih lanjut dapat menghubungi beliau di : Hp. : 08112 936 680, Email : agustinussaputra52@gmail.com, Blog
: Literasikangagus.blogspot.com. Beli Buku
www.andipublisher.com, Channel Youtube : Literasi By Agus.
Dalam paparannya Pak Agus mengupas tentang buku terlebih dahulu. Ia menyatakan bahwa Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran, dan sarana penyampaian informasi.
Sejak dini, anak anak kita telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan
untuk membaca beraneka macam buku. Pemerintah mendorong kegiatan membaca
sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak
dini.
Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan
masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak
di bidang penerbitan buku.
Diakuinya bahwa Pandemi Covid-19 ini sangat memukul industri perbukuan saat ini, dari 1.328 penerbit yang terdaftar di IKAPI saat ini banyak yang tumbang. Untuk bisa tetap survival maka dibutuhkan strategi pemasaran jitu dan tepat. Karena dengan dipasarkannya buku maka proses pencerdasan kehidupan bangsa tetap berjalan. Gambaran industri penerbitan buku dapat dilihat di bawah ini :
Dampak penjualan buku karena pandemi korona begitu terasa toko buku dan penerbit buku banyak tutup. Pengunjung buku
yang datang ke Mall sangat menurun, karena khawatir. Penerbitan buku dan
pengiriman buku turun hingga 60 prosen. Alhamdulillah Penerbit Andy masih bisa
bertahan, padahal penerbit buku lain sudah banyak yang gulung tikar. Grafiknya dapat
dilihat di bawah ini :
Januari dan Februari awal Pandemi penjulan buku masih baik, namun sejak Maret
hingga Mei 2020 menurun drastis, Juni tahun 2021 ada kenaikan sedikit dan
dengan pemberlakuan PPKM dari Juli
hingga hari ini merosot lagi. Sehingga butuh strategi pemasaran buku secara digital
atau lewat on line, tidak melalui Toko Buku, karena tokonnya tutup.
Era Low Touch Ekonomi ditandai dengan adanya interaksi yang minim interaksi
fisik dan lebih mengutamakan interaksi digital. Tempat bekerja sekarang dengan
work from home atau bekerja di rumah, belajar pun demikian dilakukan secara daring
dari rumah masing masing. Kita harus lakukan transformasi dalam pemasaran buku.
Strategi yang dapat dimainkan dalam pemasaran buku di era LTE dengan
melakukan strategi seperti pemasaran lewat market place, dan media social lainnya.
Lakukan penawaran khusus, diskon, adakan webinar, menjadi penjual buku on line
yang cepat tanggap, serta pintar membaca apa dimau oleh pembeli.
Contohnya kami penerbit Andi, Pilihan strategi pemasaran penjualan buku
sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik .
Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis β jenis buku yang di
terbitkan. Jenis β jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi
katagori buku.
Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak
katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku
Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks ,
dll ).
Dari jenis β jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan
pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada
umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa
kegiatan bisnis . Sehingga strategi
pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro , yaitu
perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu
demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Saat ini kami dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami
terus jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal
ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku,
dengan usianya sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari
10.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori.
Strategi Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi
pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran
buku serangan Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro
tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat
sebagai berikut :
1. Pemasaran on line atau lewat udara
2. Pemasaran langsung lewat darat tetap di tempuh mealaui toko buku modern,
semi modern, dan tradisional.
Sistem yang ditatapkan di took buku modern bisa system konsinyasi,
sedangkan di toko buku tradisional dengan cara tunai. Adakan promosi dan
kegiatan di took buku bila nanti normal, kalua di masa pandemic biasanya
diadakan potogan harga, atau promo di event kegiatan kampus dan sekolah.
Dan hal menarik adalah ternyata di masa Pandemi ini buku buku tentang
kesehatan mengalami peningkatan penjualan, seperti tampak pada daftar buku terlaris alias BEST SELLER di bawah ini :
Sebagai kata penutup, pandemi pastinya berdampak besar bagi industri perbukuan. Banyak penerbit gulung tikar dan toko buku tutup karena tidak ada pengunjung. Namun demikian bagi penerbit yang mampu melakukan transformasi pemasaran seperti kami Penerbit Andy , terbukti kami bertahan dengan strategi darat dan udara alias on line dan off line.
Kualitas buku dipertahankan dan terus tingkatkan pelayanan prima, serta pandai melihat peluang pasar menjadi kunci utama tetap bertahan dan eksis di era pandemi dalam bisnis buku. TERUSLAH SEMANGAT MENULIS, KARENA KAMU ADA DENGAN BUKUMU.
resumenya runut dan mengalir sekali. ini bagian dari Serangan Udara. semangaat
BalasHapusluara biasa materinya
BalasHapusMantap pak ketuaππ
BalasHapusluuuuar biasa, kerren, saya suka
BalasHapusMudah dipahami materiny..sllu suka bacany
BalasHapusPenyampaian yang bersahaja dan lengkap π
BalasHapusCerdas dan cekatan pak ketua ,..lanjutkan semangat menulis kita yha....
BalasHapusSaya mulai hafal nih, style pal Ketua. Berusaha mandiri dalam.pemilihan kalimat...ππ
BalasHapusMalam ini Pak ketua sdh melakukan serangan udara dgn naik keperingkat atas, di bawah Ms. Phia .... kereeenn ππ
BalasHapusKeren pak ketua, materi terresume dg sempurna
BalasHapusMantep pak ketua... tambah keren
BalasHapusBagus sekali resumenya bapak.
BalasHapusMantap sangat pak ketua ππ€©
BalasHapusTerima kasih SDH mampir dan komentar
BalasHapusLuar biasa, pak ketua tulisannya sudah masuk 3 besar
BalasHapusEra Low Touch Ekonomi .
BalasHapusKata ini yang semalam membuat Saya kehilangan jejak.
Terimakasih Pak Dail
Bisa menjadi referensi bacaan yg bagus. Goood pak
BalasHapusResum ya mantap dan rapi
BalasHapusJos pak ketua
BalasHapus