Rabu, 08 September 2021

PERKEMBANGBIKAN VEGETATIF PADA TUMBUHAN DAN HEWAN : IPA SD KELAS 6




Perkembangbiakan secara vegetatif pada hewan artinya perkembangbiakan yang dilakukan hewan tanpa melalui proses perkawinan atau tidak terjadi proses pembuahan sel jantan dan betina.

Contoh perkembangbiakan secara vegetatif pada hewan bisa dengan :

1. Tunas, 

2. Fragmentasi, 


3. Membelah diri.

Perkembangbiakan tumbuhan dengan cara vegetatif alami, yaitu terjadinya proses memperbanyak atau bertambahnya keturunan dengan tanpa bantuan dari manusia sehingga terjadi secara alami pada tumbuhan.

Perkembangbiakan vegetatif secara alami ada beberapa cara yaitu dengan  :

1. Akar tinggal/Rimpang/Rizoma 



2. Spora, 

3. Tunas, 

4. Tunas adventif, 

5. Umbi batang, 

6. Umbi lapis, 

7. Umbi akar, 




8. Geragih/ Stolon.




Perkembangbiakan tumbuhan dengan cara vegetatif buatan adalah terjadinya individu baru karena bantuan manusia. Perkembangbiakan tumbuhan dengan cara ini tidak terjadi dengan sendirinya.

Manusia dapat mengembangbiakan tanaman dengan cara vegetative buatan dengan : 1. Mencangkok,

Tanaman yang dapat dicangkok adalah yang berkambium atau batang  keras seperti mangga, rambutan, durian dsb.

2.  Stek , 


Tanaman yang dapat dilakukan perkembangbiakan stek adalah mawar melati bungenvile dan singkong.

3. Merunduk.

 


Tanaman yang dilakukan merunduk adalah apel dan alamanda

Semoga bermanfaat ... !!

38 komentar:

  1. jadi pengin ikut kayak gini,....bagus....

    BalasHapus
  2. Keren Ustad.. Ini termasuk blok pendidikan ya..?

    BalasHapus
  3. Terimakasih motivasi dan idenya pak bisa sy cob terapkan di guru binaan saya

    BalasHapus
  4. Cukup menarik, dan patut untuk ditutug.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  5. Mantap, guru inspirasi
    ¶ Bersama Mr. Dail yang menginspirasi
    ¶ Beliau penulis
    ¶ Beliau ustadz
    ¶ Beliau juga blogger


    https://www.kompasiana.com/ahmadfatch7055/63c7ec204addee6abe665742/menjadi-guru-inspirasi

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Luar biasa...semoga.bisa.mengikuti jejaknya pak.ustadz

    BalasHapus
  8. Mantaapp,saya akan contoh nantiii

    BalasHapus
  9. keren pak, penjelasan materi jadi lebih menarik

    BalasHapus
  10. Seperti bahan ajar ya pak, isi blognya, keren lah pak 👍👍🙏🙏

    BalasHapus
  11. Semakin semangat menulis blog,terima kasih ilmunya 🙏

    BalasHapus
  12. Semoga saya juga bisa seperti pak Damar

    BalasHapus
  13. Masya Allah....luar biasa. Bisa untuk bahan ajar nih.

    BalasHapus
  14. wah...dengan blog materi bisa dibaca sambil rebahan ya Pak

    BalasHapus
  15. Semoga saya bisa memanfaatkan blog saya seperti ini.

    BalasHapus
  16. Terima kasih Pak Dail. Saya akan ikuti jejak Pak Dail. Wah, saya benar-benar katrok, ketinggalan jaman. Materi Pak Dail beserta contoh blognya ini sangat menginspirasi saya. Bapak adalah Guru Blogger saya.

    BalasHapus
  17. Waahh,, Alhamdulillah: bisa jadi referensi saya saat untuk mengajar keponakan saya dirumah. Terima Kasih Pak Ustadz untuk materinya. Semoga ilmunya berkah barokah. Aamiin.. 🤲

    BalasHapus
  18. Keren Pak .. Sangat menginspirasi untuk melakukan hal sama.

    BalasHapus

DI STASIUN PONDOK CHINA JODOHKU BERSATU

Popular posts