Senin, 23 Agustus 2021

TEKNIK PROMOSI BUKU


 

Resume Materi        : 19

Materi                        : TEKNIK PROMOSI BUKU

Pemateri                    :  AKBAR ZAINUDDIN

Moderator                   :  Ibu Kanjeng

Hari/Tanggal              :  Senin / 23 Agustus 2021

KBM Gelombang       :  20

 

 Materi ini penting bahkan sangat penting. Mengapa demikian ?. Ya, karena apapun produk yang kita buat, agar bisa laku dipasaran, maka kuncinya di promosi. 

Ada produk bagus dan dipromosikan dengan hebat, maka akan menjadi laku keras. Ada pula produk yang sama bagus tapi promosinya kurang hebat maka biasa saja dan kurang laku. Perbedaannya dipromosi terhadap produk.

Bahkan di era digital sekarang, perusahaan menganggarkan dana besar untuk promosi produknya. Baik dengan iklan di media cetak, media elektronik, media sosial dan bahkan di billboard atau papan reklame di jalan-jalan. Tujuannya sama yaitu promosi.

Sebagai penulis baru yang akan segera menerbitkan buku antologinya bersama teman-temannya di Kursus Belajar Menulis ( KBM ) gelombang 20, tentu saja Damar punya impian bahwa bukunya laku dipasaran.

Malam ini Damar akan mendapatkan materi Teknik Promosi Buku dari Pak Akbar Zainuddin dan dimoderatori Ibu Kanjeng.  Apakah promosi itu, mengapa harus dipromosikan, dan bagaimana cara mempromosikan buku yang efektif.

Bagi teman pembaca yang ingin tahu bagaimana pemaparan Pak Akbar malam ini, dapat mengikuti resume materi yang akan dibuat Damar berikut ini.

Sebelum menyimak paparan Pak akbar ada baiknya simak dahulu CV beliau, biar makin yakin bahwa materi yang akan disampaikannya sesuai dengan pengalamannya dan kompetensinya. Ini dia sekilas tentang Pak akbar Zainuddin.


Dalam paparan materi promosi buku Pak Akbar menyampaikan bahwa memasarkan buku tujuannya agar maksimal manfaat dari buku yang ditulis.  Ada 4 strategi dalam promosi menurut pak Akbar narasumber kita yang luar biasa malam ini yaitu :

1.      Strategi Produk

2.      Strategi Harga

3.      Strategi Distribusi

4.      Strategi Promosi.

Target pembaca. Sebelum kita menulis buku harusnya sudah menentukan dahulu siapa pembacanya.

Buku kita dibuat untuk kalangan mana. Buku Man jadda wajada, saya buat dengan segmentasinya kata pak Akbar. Ada yang untuk pelajar/mahasiswa, ada untuk orang tua, professional dan seterusnya.

Produk yang akan kita buat , sebelumnya harus ditentukan segmentasinya. Segmen anak akan berbeda dengan remaja dan dewasa. Buku untuk anak–anak harus full colour, tulisannya font besar dan gambar harus menarik.




Buku yang dibuat, harus disesuaikan dengan kebutuhan pembaca. Segmen remaja harus menyesuaikan dengan selera kaum mileanial. Jika itu bisa dilakukan, maka buku yang dibuat akan dibutuhkan dan akan laku terjual.

Buku menulis Pak Akbar, luar  biasa laris dipasaran,  Buku berjudul UKTUB atau bahasa Indonesianya tulislah, Pak Akbar membuat beberapa buku Uktub ini dengan segmen pasar yang berbeda. Dan ini disambut antusias pasar. Mreka yang ingin belajar menulis mendapatkan apa yang mereka cari pada buku beliau. LUAR BISA BUKAN ??

Tiap Buku Pak Akbar akan diperungtukan untuk pembaca macam apa itu sudah ditentukan, ada yang untuk anak dan remaja. Ada uktub untuk mahasiswa, dan ada untuk penulis profesional seperti Damar dan teman-temannya di KMB angkatan 20. Inilah penam;pakan buku Uktub karya pak Akbar.



Harga ada harga umum dan premium. Untuk masyarakat umum tetap dibuat yang harga standar, dan yang premium tetap dibutuhkan untuk kalangan tertentu. Ada kalanmgan menengah ke atas yang mencari buku yang dibuat dengan kertas lux, sampul hard cover, dan dipajang di etalase utama. Bagi mereka harga tinggi bukan masalah,  yang utama selera terpuaskan.

Distribusi bisa di toko buku, bisa dengan jual langsung via online, dan bisa lewat marker place.

Promosi, dilakukan bersamaan antara penerbit dan penulis, promosi tujuannya untuk mengenalkan buku kita. Cara promosi bisa dengan beberapa hal misalnya :

Bisa dengan membuat acara Launching buku baru, diluncurkan bisa kita lakukan di masjid, di aula sekolah, di kampus bersama mahasiswa, atau di hotel dengan para professional dan pejabat daerah.

Adakan bedah buku, dan adakan  work shop, serta buatlah komunitas. Buku man jadda wajada hingga hari ini alhamdulillah sudah laku hingga 3.000 eksemplar.  Buatlah buku dengan segmentasi tertentu, dan buat komunitasnya. Sehingga komunitas itu yang akan promosikan buku kita.

Bangun jaringan reseller,  buku-buku kita agar laku jual buat jaringan reseller, biarkan mereka menjadi mitra kita. Relasi  yang dibangun adalah simbiosis mutualisme. 

Jualanlah  di online di market place terus perkenalkan buku kita. Terus dekatkan dengan pembaca.  Agar mereka tertarik dan akhirnya membeli buku kita.

Channel pak Akbar ini tayang setiap kamis, dengan komunitas man jadda wajada, sukses berawal dari pesantren dan folloersnya sudah ribuan. Luar biasa bukan?.

Damar merasa terinspirasi dengan materi yang disampaikan pak Akbar, dan sudah terbayang bagimana akan mempraktekannya setelah buku antologinya terbit nanti.

Bagi teman- teman yang penasaran bagaimana materi lengkap tentang mempromosikan buku sebagaimana yang damar buat resumenya, bisa klik video atau tautan di bawah ini. 

Simak sampai tuntas. Ingat : man jadda wajada artinya siapa yang bersungguh sungguh, maka akan berhasil. Dalam istilah sunda “upami keyeng pasti pareng”. 


Video terkait 7 langkah promosikan buku :




Tautannya :

https://youtu.be/lZhAixv86wA





10 komentar:

  1. closing pematik diri man jadda wajada artinya siapa yang bersungguh sungguh, maka akan berhasil. Dalam istilah sunda “upami keyeng pasti pareng”

    BalasHapus
  2. Man jadda wajada, judul buku dan penguat untuk selalu semangat.

    BalasHapus
  3. Semangat juang...halangan bukan penghalang. .siapkan sinopsis dan TOC pak Dail.....👍

    BalasHapus
  4. Meski kesal dengan wifi yang ngadat sudah 2 hari ini, akhirnya jadi juga resume Damar materi ke 19. alhamdulillah menjadi pengirim ke-11. Biasanya hingga ada 22 pengirim. Baru terasa betapa kesalnya saat jaringan buruk.

    Terima kasih yang sudah mampir dan meninggalkan jejak digital. Jazakumullah khairan.

    BalasHapus
  5. Leres pisan Upami keyeng pasti pareng. Keren pak tulisannya bermutu

    BalasHapus
  6. Mantap pak ketua... selalu lengkap tulisannya dan pasti keren

    BalasHapus
  7. Ada produk bagus dan dipromosikan dengan hebat, maka akan menjadi laku keras. Ada pula produk yang sama bagus tapi promosinya kurang hebat maka biasa saja dan kurang laku. Perbedaannya dipromosi terhadap produk.
    Se7 Pak.
    Semoga sukses memasarkan

    BalasHapus
  8. Pak dail hebat dan selalu menginsirasi

    BalasHapus
  9. SEMOGA SELALU ADA ILMU BARU YANG KITA DAPAT DARI BELAJAR DI kbm ANGKATAN 20 INI

    BalasHapus

DI STASIUN PONDOK CHINA JODOHKU BERSATU

Popular posts