Kamis, 17 Maret 2022

NIB : NOMOR IJIN BERUSAHA SYARAT BUKA REKENING YAYASAN / CV - PT

 



Sekedar  berbagi pengalaman mengurus rekening lembaga yang aku kawal Bernama Yayasan Semesta Alam Madani ( YASALAM )  yang baru berdiri pada 02 Februari 2022  dan punya NPWP di bulan yang sama, ceritanya karena ada beberapa sahabat yang ingin titip infaq shadaqohnya untuk pembangunan Ponpes dan Ruang kelas namun ingin resmi ke rekening YASALAM, aku uruslah kepada 2 bank Pemerintah dan 1 bank swasta. Ternyata ada tambahan kelengkapan yang harus dimiliki dari sebuah Yayasan/ CV/PT  dan berlaku sejak akhir 2021, yaitu harus punya Nomor Ijin Berusaha  (NIB) yang dikeluarkan oleh kementrian Investasi dan Penanaman Modal namun yang aprovelnya dari pihak pemerintah kabupaten/kota masing – masing melalui kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Sebenarnya pendaftarannya bisa On Line, namun entah karena sistemnya kurang bagus atau bagaimana sehingga agak sulit untuk mengajukan via on line, dan akhirnya aku datang ke kantot PTSP lalu bertanya dan dilayani dengan baik. Pas cerita sulit daftar on line, malah petugas  menimpali bahwa memang demikian, tapi tak pelu khawatir nanti kami bantu , dan bisa selesai 1 hari. Besok bisa diambil. Bukan main senangnya hatiku, karena memang syarat yang belum ada hanya NIB atau nomor ijin berusaha. Dengan polosnya aku bertanya, biaya berapa Bun?. Dijawab murah, hanya 5. Kupikir 50.000 ternyata 500.000,-.


Terbiasa menawar saat belanja, aku bilang boleh kurang gak bun, sama yang lain pun segitu, tadi juga Al Mubarok, Bina Bangsa, dan beberpa Ponpes urus NIB , sama segitu. Saya tanya lagi kalau NIB itu termasuk ijin sekolah-sekolah yang ada didalam Yayasan jugakah?. Dijawab beda pak, kalau  urus ijin TK, SD dan SMP  nanti yang merekomendasikan adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/ Kota, namun yang mengeluarkan sertifikatnya di PTSP. Saya tanya apa harga adminnya sama?. Di Jawab 2000 alias 2 juta.  mahal alias mehong juga ya perijinan zaman now. Karena butuh cepat, akhirnya aku pun menyerah dan ikut sistem saja, daripada nanti YASALAM tidak punya rekeling lembaga, lebih baik aku ikut saja, semoga ini dipandang sedekah bukan suap. Karena aku berikan dengan “ikhlas” dan diniatkan untuk jumat berkah.

Semoga pembuatan rekening YASALAM BESOK HARI Jumat 18 Maret 2022 berjalan lancar dan mudah serta cepat beres. Dan pembuatan rekening Ponpes lain yang belum ada nomor rekening bisa dimudahkan. Kalau perlu tanpa harus melampirkan NIB. Cukup keterangan domisili dari RT, RW dan Kelurahan. Semakin banyak syarat, maka semakin paleng rakyat dibuatnya. Namun sebagai guru yang inspiratif aku berpresan jangan menyerah dengan sistem ___Tetaplah Semangat.


                                                Pondasi hingga 1 meter dari atas permukaan tanah


dan ini videonya : 



dan ini kolam air untuk ngaduk coran atau adukan :







 


3 komentar:

  1. Moga proses pembuatan rekening berjalan lancar & yayasan yang baru berdiri dapat berkembang dengan pesat.

    BalasHapus
  2. Ternyata mengurus berdirinya Yayasan tidak mudah ya? Birokrasi yang agak berbelit inilah yang perlu di restrukturisasi...

    BalasHapus
  3. Sela.at dan sukses master..
    Berkah barokah...

    BalasHapus

DI STASIUN PONDOK CHINA JODOHKU BERSATU

Popular posts