Cara menyisipkan link di blog :
https://dailalser.blogspot.com/2021/11/pembinaan-guru-sd-alser-oleh-pengawas.html
Bloger motivator menebar semangat untuk pembacanya, menginspirasi siapa saja.
Pembinaan
dari YPI Al Azhar Pusat bagi guru -guru SD Islam Al Azhar 10 Serang
dilaksanakan hari ini Selasa 15 November 2021.
Bertempat di Aula Alser, mulai pukul 13.00 sampai dengan ashar. Susunan
acara dimulai dengan prakata dari kepala SD Islam Al Azhar 10 Serang Bapak
Sufyan Tsauri, M.Pd, dilanjutkan dengan pembinaan dari Pak. Sudarmo, M.M selaku
perngawas YPI Al Azhar Pusat.
Dilakukan
secara daring melalui zoom meeting, dihadiri oleh Pak H. Sudibyo, M.Pd selaku
Dirat YPI Muawanatusy Syubban, Bu Ratu Iif selaku pengawas SD dan SMP YPI
Muawanatusy Syubban, Pak Mad Yusuf, M.Pd selaku kepala SMP Islam Al Azhar 11
Serang.
Pak
Sudarmo, MM mengawali dengan Salam dan Basmalah. Dilanjutkan dengan pembacaan QS
Al Anfal ayat 27 :
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا
لَا تَخُوْنُوا اللّٰهَ وَالرَّسُوْلَ وَتَخُوْنُوْٓا اَمٰنٰتِكُمْ وَاَنْتُمْ
تَعْلَمُوْنَ
Artinya :
Wahai orang-orang yang beriman!
Janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul dan (juga) janganlah kamu
mengkhianati amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.
Tujuan
dari Lembaga Pendidikan Al Azhar :
Pertama :
Mencari ridla Allah SWT, bekerja karena Allah bukan karena yang lain. Tetap
amanah bersungguh sungguh bdekerja baik saat ada kepala sekolah maupun tidak
ada. Karena Allah selalu mengawasi.
Kedua :
Meneruskan dakwah, mengemban amanah. Tidak banyak mengeluh apalagi menyerah.
Niatkan untuk mengabdi
Sekolah Al
Azhar yang sukses ada 4 yaitu :
1. Orang
tua puas menyekolahkan anaknya di Al Azhar
2. Orang
tua puas karena capaian prestasinya. Juara KSN, dan KSM
3.
Sebagai rujukan bagi sekolah lain.
4. Jumlah
murid bertambah terus PMB selalu menolak murid.
Biarpun uang pangkalnya 35 juta dan SPP 2 juta, orang tua merasa puas, karena hasilnya tampak, ada perubahan pada sikap anaknya. Akhlak mereka makin baik, tanggung jawabnya makin bagus seperti menjaga sholat, kedisiplinan dalam belajar, adab makan dengan tidak makan berdiri, dan sebagainya.
Sholat anak Al Azhar baiknya jadi perhatian para guru, sholatnya anak Al Azhar harus tertib. Tidak main-main apalagi bercanda. Karena dari itulah orang tua akan melihat hasil Al Azhar itu berhasil atau tidak.
Empat kompetensi yang harus ada pada guru Al Azhar
adalah :
1. Pedagogik
2. Kepribadian
3. Profesional
4. Sosial
Prestasi ada 2 jenis yaitu akademik dan non akademik. Ada pelajaran ada pula non pelajaran seperti akhlak atau sikap karakter murid. Akhlak anak Al Azhar tetaplah harus rendah hati meski juara olimpiade internasional, mandiri, jujur, dan bisa berkolaborasi.
Sesi tanya jawab diawali oleh Pak Rifai Kabi Kurikulum yang menanyakan apakah di Alpus sudah PTM secara penuh?. Informasi dari Pak Sudarmo adalah bahwa masuknya masih bertahap karena di DKI perijinannhya ketat.
Pertanyaan kedua dari Pak Dail, ada 2 point yang ditanyakan : pertama bagaimana Al Azhar ke depan menyikapi era digital 4.0 dimana serba IT?. Kedua bagaimana upaya meningkatkan budaya literasi di Al Azhar supaya terbiasa menulis dan menerbitkan buku?.
Jawaban dari Pak Darmo adalah bahwa Al Azhar terus berupaya mengikuti perkembangan termasuk dengan kemajuan IT era digital 4.0. Untuk SMP dan SMA sudah mulai, dan kedepannya insya Allah akan dilanjutkan untuk SD. Mohon doa dan kerjasamanya.
Kaka
beradik dari pasangan dokter Buchori dan dokter Novi ini bernama Tami dan Aryo.
Keduanya dari kelas 1 hingga kini kelas 8 SMP dan kelas 6 SD selalu semangat
dalam belajar dan ikut pembinaan. Pulang peetang hingga jelang magrib dan masih
tambahan hari Sabtu dijalani dengan riang gembira.
Meski
keduanya jago di bidang Ipa dan Matematika namun bidang pelajaran lain pun
tetap terbaik. Bahkan keduanya punya talenta di bidang Olahraga dan Seni. Tami kakaknya
Aryo dari kelas 1 hingga kelas 5 selalu juara dalam bidang Mewarnai dan Lukis.
Tami
pernah menjadi juara 1 lomba melukis
tingkat nasional dalam event Festival Seni
dan Budaya baca FESBUD Al Azhar Se-Indonesi .
Sedangkan kesamaan antara keduanya yaitu pernah menjuarai lomba renang
tingkat Kecamatan dan Kota Serang untuk
3 gaya sekaligus.
Prestasi
lain Tami di bidang Sains adalah peraih Perak dalam Kompetisi Sains Madrasah
baca KSM tahun 2018 di Manado. Pernah pula Tami menjadi juara 1 lomba cepat
tepat Matematika bersama Antania dan Alya Faeza di UIN Jakarta tahun 2017. Di
Bali pernah meraih juara harapan dalam
ajang Primagama Mencari Juara baca PMJ
tahun 2018 dan sederet prestasi lainnya.
Aryo sejak kelas 3 sudah ikut lomba Matematika dan selalu juara. Mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat nasional. Lebih dari 20 medali Aryo raih selama lomba, medali emas, perak, perunggu ia kumpulkan, dan lebih dari 50 piala juara 1, 2, dan 3 menghiasi lemari kaca di rumahnya.
Ikut
lomba OLKA selama 3 tahun dan selalu raih medali Aryo tidak berubah sikap jadi
sombong. Tetap ramah dengan semua temannya. Sekali meraih medali perunggu, dan
2 kali emas nama Aryo cukup terkenal di Al Azhar Se-Indonesia.
Dalam
Kompetisi Sains Madrasah baca KSM tahun 2021, keduanya pun meraih medali
tingkat nasional. Aryo raih medali emas bidang Matematika terintegrasi jenjang SD/MI, dan Tami raih medali perak bidang IPA terintegrasi jenjang SMP/MTs.
Puncaknya
di ajang paling bergengsi dalam lomba nasional Kompetisi Sains Nasional baca
KSN pengganti Olimpiade Sains Nasional baca OSN, kembali Tami dan Aryo raih
medali. Aryo raih perak Matematika SD, dan Tami raih perunggu IPA SMP. SELAMAT
DAN SEMOGA MAKIN SHALEH -SHALEHA.
Silaturahmi
atau bekunjung ke tempat teman baik ke rumah atau ke kantornya mudah diucapkan
namun berat dilaksanakan. Mengapa?.
Karena silaturahmi adalah perintah Allah SWT dan Rasulnya Muhammad SAW. Dalam hadits shahih disebutkan bahwa : “
Laisa Min Ummati Man Qoti’ar Rohiim ”. Artinya : Bukanlah ummatku orang
yang memutuskan silaturahim.
Selasa
8 November 2021 aku sempatkan silaturahmi dengan 4 orang sekaligus di 2 tempat.
Orang pertama adalah Bu Tini sepupuku di RS. Sari Asih yang sedang nunggui ibunya sakit
mendadak lunglai. Setelah bertemu di kantin, kami mengobrol dan beliau
bercerita bahwa mulanya Bibiku alias ibunya Tini jatuh dari kursi dan saat mau
dibangunkan oleh Yuli cucunya tidak keangkat, lalu jatuh lagi bertumpukan.
Paginya
menggigil dan kesakitan, dibawa ke UGD
RS. Sari Asih Serang dan hasil observasi pihak dokter jaga dinyatakan harus di rawat, karena
mengalami keretakan pada tulang. Usia Bibiku sudah 65 tahun. Aku hanya bisa
mendoakan semoga beliau cepat sembuh kembali. Tidak bisa ketemu, karena aturan
RS memang tidak ada jam besuk, dan yang nungguin pasen pun hanya 1 orang harus
di Antigen dahulu sebelum ke ruangan untuk nunggu pasien.
Setelah
pamit dan menitipkan amplop untuk Bibiku aku pamitan., langsung menuju ke
kampus Universitas Prima Graha baca UPG di
Kawasan Cinanggung. Tiba di ruangan dosen, aku hendak ketemu Pak Haero sang
pemilik UPG, ketemu Pak H. Ari, dan Pak
Roy. Namun mereka masih rapat dan aku
menunggu sambal balas Wa yang masuk. 10
menit kemudian rapat beres dan aku ketemu Pak H. Ari terleih dahulu di
ruangannya. Ruang Dekan FKIP UPG.
Beliau adalah atasanku semasa masih di SD Islam Al Azhar 10 Serang. Waktu aku masuk jaman beliau masih kepada di SD tersebut, kini nasibnya makin baik menjadi dekan FKIP di kampus swasta ternama di kota Serang Banten. Pesan beliau yang selalu kuingat adalah : dedikasi, prestasi dan apresiasi. Rupanya ia buktikan hal tersebut kini ia melompat dari Kepsek SD menjadi Dekan FKIP UPG.
Pak
Ari memberikan hadiah buku : Kampus Merdeka, dan cerita bahwa buku tersebut
disusun oleh Pak Roy Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Beliau manggil Pak Roy, kalua ada saya di ruangannya. Kebetulan
ruang Dekan FKIP dan Ekbis sebelahan, Saya diantarkan ke ruangan Pak Roy. Aku
perkenalkan diri dan terjadilah obrolan dan alhamdulillah langsung enjoy.
Karena ada kesamaan pada kami, yaitu alumni HMI dan penulis buku.
Ternyata
benar kubuktikan bahwa silaturahmi itu membawa rizki. Yuk kita rajin
silaturahmi. Semoga dengan rajin silaturahmi, kita termasuk ummat Rasulullah
Muhammad Saw dan kelak akan bertemu dengannya di surga bersamanya. Aamiin.
Resume Materi : 16
Narasumber : Yulius Roma Patandean, S.Pd
Materi : Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis.
Moderator : Dail Ma'ruf, M.Pd
Gelombang : 22
Narasumber Pak Roma menyapa hangat peserta : Bapak/ibu telah menerima puluhan materi dalam pelatihan ini. Saya yakin itu. Dari sekian materi yang telah tersaji di grup ini, pasti ada yang konsisten merekam dan menyimpan, ada yang sering, ada yang jarang dan semoga tidak ada yang NEVER. Oleh karena rancangan naskah buku sudah siap di laptop/PC bapak/ibu, maka malam ini saya akan berbagi cara menyatukannya secara sistematis.
Luar
biasa, semoga di akhir bulan November 500-an buku akan wara-wiri di berbagai
percetakan. Nantinya setelah materi ini... para peserta bisa menyusun buku dan
punya buku sendiri...dan tentu literasi di negara kita akan makin maju ..
Untuk
menyusunnya, pastikan bapak/ibu telah menyatukan semua naskah dalam satu file
Ms Word. Gabungkan saja dulu semua naskah, urusan mengurutkannya, bisa
belakangan. Satukan naskah telah siap dalam satu file Ms Word, pastikan
memberikan JUDUL BUKU. Mengapa? Judul akan memandu bapak/ibu untuk
mengembangkan, mengurangi atau menambah tulisan. Jadi naskah kita satukan dalam
1 file beri judul.
Setelah judul
buku siap, buatkan PRAKATA, jika memungkinkan siapkan KATA PENGANTAR dari orang
lain yang bapak/ibu percayakan. Siapkan pula Sinopsis, PLUS foto ter-KEREN
bapak/ibu di bagian TENTANG PENULIS.
Nah, inilah cara saya menyiapkan diri untuk menyusun naskah secara sistematis. Saya yakin, bapak/ibu telah memiliki kemampuan untuk melakukannya lewat pengalaman mengetik naskah skripsi dan tesis waktu kuliah ya. Tinggal CLBK saja sehingga memori itu hadir kembali. Metode dalam ketiga video itulah yang saya gunakan untuk menyatukan naskah buku-buku saya selama ini.
Ada 3 video yang bisa Bapak / Ibu simak untuk menyatukan semua naskah yang telah ditulis menjadi buku yang nanti diterbitkan :
Video 1 Cara membuat daftar isi, kutipan, indek , dan daftar pusataka otomatis.
Silahkan mencobanya bapak/ibu, gabungkan dengan kemampuan yang telah dimiliki dalam editing naskah buku. Metode tersebut juga saya gunakan untuk menyatukan dan mengedit naskah-naskah buku yang dikirimkan sejumlah dosen di Tana Toraja kepada saya, kemudian saya bantu untuk terbitkan di penerbit Indie yang mereka inginkan.
Video 2 : Cara membuat judul, Bab, Sub Judul pada buku secara otomatis.
Dengan langkah Dari video bapak Semoga kita pads bisa Satukan naskah menjadi buku. Mungkin saja ada metode lain yang lebih baik, tapi saya terlanjur fokus pada metode tersebut dan saya pertahankan hingga kini.
Video 3 : Cara membuat indeks pada tulisan berbentuk buku
Supaya buku menarik minat pembaca maka buatlah SINOPSIS dalam 3 - 4 paragraf yang mendeskripsikan buku tersebut.
Hal yang sama
berlaku untuk naskah buku solo bapak/ibu. Jika naskahnya belum lengkap, minimal
siapkan bab dan judulnya disertai sub judulnya. Ketika di-setting sistematis,
akan selalu mengundang kita untuk melengkapi naskahnya. Mengapa? Karena naskah
kita telah memiliki gambaran umum kerangkanya. So, let's do it!
Demikian materi
dari saya...mohon maaf atas semua kekurangannya. Sekali lagi, saya dan bapk/ibu
keren di sini sama-sama belajar mengasah kemampuan menulis. Semoga bermanfaat. Saya
berikan dalam bentuk video yang kita bisa putar berkali kali sampai faham. Terima
kasih.
Sesi tanya jawab :
P1 : Saya Elis dari Bandung gelombang 22
Pertanyaan
saya, apa bedanya editor dengan kurator?
Jawaban :
Luar biasa..mari
kita berlelah-lelah dulu bahkan hingga subuh menyiapkan naskah buku..ketika
naskah terbit ber-ISBN..jangan lupa merayakannya bersama orang-orang terdekat
bapak/ibu.....KEREN...
Salam bahagia
bu. Menurut pendapat saya bu ya..karena sejauh ini saya telah menjalani
sejumlah tugas selaku editor, tapi baik editor maupun kurator pada hakekatnya
sama. Itu menurut saya. Bertindak sebagai kurator, baru sekali, ketika saya
menyaring naskah puisi rekan guru akhir tahun lalu.
Intinya, peran
editor dan kurator adalah mempersiapkan dan memastikan naskah buku untuk
terbit. Editor bertanggung jawab untuk membaca keseluruhan naskah dari penulis,
termasuk mengoreksi tata bahasa, tanda baca, dan struktur kalimat. Naskah dari
seorang penulis menjadi mudah dipahami pembaca juga menjadi tugas dari editor. Kurator
kurang lebih sama perannya, namun mungkin berbeda dari segi profesi di
penerbit. Editor juga…
Materiny super
bener pak. ijin bertanya tentang kumpulan resume yangg disusun jadi buku ini, apakah harus satu jenis tulisan atau boleh
bervariasi? Maksudnya ada bentuk cerita, esai dan lainny bercampur atau bagamana?
Terimakasih.
Jawaban :
Buat ibu Anis. Salam
Bahagia. Gabungkan saja semua style menulisnya bu. Jadikan itu sebagai bumbu
racikan untuk naskah bukunya. Mungkin ada Bab yang serius, tiba-tiba muncul Bab
narasi... Tentunya jika ibu pertahankan demikian, akan meninggalkan kesan
tersendiri bagi pembacanya. Di buku CLBK, saya praktekkan demikian bu. naskah
buku mirip kompilasi lagu mendiang sang mastro Didi Kempot. 🤣
Yakinlah naskah ibu yang variatif nantinya menghibur. Terima kasih.
P3: Dani
dari Lebak.
Bagaimana
supaya Blog dan youtube kita bisa dapat
iklan dan hasilkan uang?. Apa Bapak juga sudah merasakan manfaat dari blog dan
channel youtube bapak?
Jawaban :
Buat bapak Dani
dari Lebak. Salam Bahagia. Waduh..saya
jawab jujur ya.... kalau terkait blog bisa monetisasi, mungkin pakarnya Omjay
dan pak Dedi Dwitagama..... Blog saya sifatnya masih personal pak, belum
monetisasi. Nah, kalau YouTube, ya saya
bersyukur saja, konsistensi saya mengajar online via Zoom dan YouTube selama
setahun ternyata membuahkan hasil pak. Pastikan jam tayang mencapai 4000 jam
dan 1000 Subscriber. Itu syarat utama dari YouTube. Kemudian konten tidak
mendapat klaim hak cipta. Jadi, video saya mengajar yang apa adanya, saya petik
hasilnya juga. Alhamdulillah ada pembeli pulsa ala kadarnya pak. Saran saya, konsisten saja pak buat konten orisinil
di YouTube. Lambat laun akan berkembang. Memang harus diakui, konten pendidikan
peminatnya…
P: 4 . Maman
dari Cianjur.
Bagaimana
respon murid dan orang tua murid dengan langkah bapak yang memuat materi
pelakajaran di web bapak?
Jawaban :
Buat pak Maman
dari Cianjur. Respon murid dan orang tua murid dengan langkah saya yang memuat
materi pelajaran di web. Khusus siswa, mereka baru memahaminya di PTMT, bahwa
materi di web memaksimalkan penggunaan waktu. Materi yang saya titip di blog,
google classroom dan YouTube sebenarnya telah membantu siswa saya untuk lebih
efektif belajar. Umumnya, teori yang saya simpan di web, saya kirimkan link
sebelum kelas PTMT dan kelas online. Sebelum diskusi di kelas, saya bertanya
siapa yang sudah menyimak materi/penjelasan di rumah, lalu saya pisah yang
sudah nyimak dan yang belum. Ternyata di pembahasan soal/diskusi, yang belajar
materi di rumah lebih baik. Di sinilah siswa saya menerima maksud dari konten
materi di YouTube/web. Dan ini adalah pengembangan …
P : 5
Nama saya Arham
Asal SMK Negeri 1 Banawa Selatan Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah Gel 21,
setelah saya menyimak dari paparan materi Langkah Menyusun Buku Secara
Sistematis yang sudah di tuangkan dalam bentuk tulisan di WA dan menyimak di
chanel Youtube bapak Roma,
saya tertarik
dengan metode yang bapak gunakan sebelum membuat suatu karya tulis dan di
terbitkan oleh penerbit, pertanyaan saya adalah : Bagaimana memunculkan ide
menyusun kerangka Buku yang sistematis karena untuk menyusun draft itu tidak
mudah karena saling keterkaitan antara isi dan judul buku itu sendiri ?.
Terima kasih sebelumnya.
Jawaban :
Buat pak Arham
dari SMK Negeri 1 Banawa Selatan Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Gel 21.
Cara memunculkan
ide menyusun kerangka buku yang sistematis: Pertama Tuliskan apa yang terlintas
di kepala, walaupun hanya 3-5 kalimat saja, lalu mentok. Tulis dan simpan.
Tambahkan judul/subjudul menggunakan metode di video. Kedua Lengkapi naskah
dengan gambar orisinil (jepretan sendiri). Gambar membantu kita menyampaikan ide. Contoh pada
gambar di naskah CLBK. Di buku ini. 98%
gambar pemanis naskha saya berasal dari kegiatan harian saya. Ini juga membantu
saya tidak terkena klaim hak cipta.
Ketiga Hubungkan
judul demi judul yang memiliki keterkaitan di fase editing. Tambahkan dan
kurangi jika memungkinkan. Tidak menutup kemungkinan muncul judul baru dari
penga…
P6 : Saya yuyum dari Lebak.
Bila kita
sudah menerbitkan buku siapa kira² yang akan membeli buku kita? Terimakasih
Jawaban :
Buat ibu Yuyum
dari Lebak. Naskah terbit, siapa
pembelinya? Menarik. Untuk buku solo terbitan Indie, promosikan ke rekan
sejawat di sekolah, KKG,MGMP, teman di media sosial. Jika ada yang berminat,
alhamdulillah. Namun, prinsip saya, menulis bukan untuk menjual. Jika ada yang
membeli, itu adalah apresiasi atas pencapaian kita. Saya sepakat dengan bapak
H. Thamrin Dahlan dari YPTD, menulislah untuk memiliki mahkota keabadian.
Kalaupun ada royalti atas buku kita jika beruntung terbit di penerbit mayor,
maka itu adalah bonus. (Titip salam buat penerbit ANDI, pak @Joko Mumpuni pak
@Agust. Subardana dan pak @edis mulyanta yang telah memberi saya royalti atas 2
buku yang saya tulis bersama prof. Eko.)
P7 :
Apakah buku
solo yang dibuat oleh peserta pelatih ,dari beberapa sumber peserta boleh milih
salah satu judul ,atau semua resume dari pertama dan sampai terakhir di buat
buku solo ?
Jawaban :
Buat bapak/ Ibu No
Name. Jika kreatif, boleh pilih satu atau dua materi untuk dikembangkan
sendiri. Judul tanyakan ke isi hati, kata apa yang paling mewakili perasaan dan
semangat menulisnya. Contoh pada sampul yang saya utak-atik semalam ini. Cover,
judul dan sinopsis sudah ada, tapi naskahnya masih nihil. Tapi, cover inilah
yang akan memotivasi saya menulis. Lalu,
jika minim waktu mencari ide, kumpulkan saja semua materi dan berikan judul
yang sesuai dengan resume yang beraneka ragam tadi, misalnya: TIPS JITU
MENULIS, TRIK CEPAT MENERBITKAN BUKU, METODE MENULIS BERSAMA PAKAR, dll. Saya
yakin bapak/ibu pasti bisa merangkai judul yang mewakili mimpinya menerbitkan
buku. Judul tanyakan ke isi hati.
Bolehkah
membukukan puisi-puisi yang sudah lama
tersimpan di buku tulis , apakah harus diurutkan tanggal cipta puisinya dan
bagaimana membukukannya? Terimakasih
Jawaban :
buat ibu Umi
Agus Farida. Wah sangat setuju bu...ayo
segera kumpulkan bu...pasti naskahnya keren nanti. Tinggal ketik ulang, poles
rimanya dan tambahkan sedikit-sedikit pemanis frase. Saya juga kerap menulis
puisi dan pantun jika ide menulis buku mentok.
Tulisan-tulisan itu saya titip di akun WA dan saya beri tanda bintang
agar tidak hilang..... Oya..semester ini saya juga mengajak siswa saya menulis
puisi berbahasa Inggris bu.
PENUTUP
Saya berterima
kasih kepada semua peserta BM 21 dan 22 dan Pak Dail sebagai moderator. Mari
menulis untuk menjadi saluran berkah bagi orang banyak. Biarkanlah jejak
menulis itu abadi hingga kita berkalang tanah. Raga boleh tiada tapi ide dalam
tulisan akan abadi seumur bumi ini.
Selamat Malam. Salam
Bahagia. Semoga Ilmu yang didapat malam ini bermanfaat bagi kita dan orang lain
tentunya. Aamiin.
Pahlawan adalah orang yang menonjol karena
keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang
gagah berani.
Pahlawan nasional diberikan kepada para pejuang
yang berjasa kepada Negara Republik Indonesia, berjuang dalam Negara Indonesia,
dan merebut kemerdekaan Republik Indonesia.
Dari narasi besar tentang pahlawan nasional
yang berjasa pada NKRI, apakah bisa kita beterima kasih kepada pahlawan kecil
atau pahlawan kita sendiri?. Saya yakin bisa, asalkan mau melakukannya.
Esok hari tanggal 10 November 2021, kembali
kita bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan. Begitu banyak pahlawan
nasional yang kita kenal dalam sejarah yang kita pelajari sejak SD hingga Perguruan
Tinggi.
Namun sosok pahlawan yang dekat dengan kita
kadang terlupakan. Ayah dan Bunda adalah pahlawan sejati bagi tiap kita. Keberadan
kita, tumbuh kembang kita, dan kesuksesan kita hingga bisa seperti saat ini
karena adanya sosok Ayah dan Bunda.
Siang malam perjuangan Ayah dan Bunda untuk mendidik dan membesarkan anak-anaknya. Mereka
tak pernah minta balas jasa, hanya memberi tak harap kembali. Bagai sang Surya
menyinari dunia. Itulah sosok pahlawan keseharian kita. Tanpa mereka mustahil
rasanya kita bisa sampai seperti saat ini.
Pahlawan berikutnya adalah guru, tanpa jasa para guru yang mendidik dan mengajari kita huruf a, b, c dan seterusnya kita tak bisa baca. Jasanya yang menjadikan kita bisa mahir berhitung bahkan jadi apa saja. Guru Agama dan guru ngaji teristimewa, karena jasanya kita bisa kenal Allah dan Rasulnya, serta ajaran Islam.
Tanpa jasa guru mungkin kitab uta huruf dan tanpa
guru agama atau guru ngaji kita tak bisa baca quran. Sehingga keberadaan mereka
bak penerang dalam kegelapan.
Pahlawan lainnya adalah siapa saja yang berjasa dalam hidup kita. Berkontribusi dalam membentuk diri dengan karakter yang baik sesuai yang diharapkan sang pencipta alam semesta. Allah SWT.
Di hari Pahlawan ini, mari kita berterima kasih
kepada para pahlawan kemerdekaan RI yang telah berjasa bagi NKRI, dengan
mendoakan mereka semoga husnul khatimah dan dapatkan nikmat kubur. Dimasukan dalam
surganya Allah SWT sebagi orang yang mati syahid.
Jangan lupa kita berterima kasih kepada para pahlawan diri masing masing. Sampaikan ucapan terima kasih kepada Ayah dan Bunda, juga kepada para guru, mulai dari guru SD hingga Kuliah jika memungkinkan.
Terima kasih yang terindah berikan pada
pasangan kita yang istimewa. Karena kerelaannya menerima kita sebagai jodohnya,
maka kita menjadi suami atau istri. Hingga karena kepercayaan dan cintanya maka
kita punya anak keturunan. Terima kasih
juga kita sampaikan kepada mertua yang merelakan anaknya jadi pasangan kita.
Kepada anak-anak tercinta pun kita akan terasa
indah jika berterima kasih pada mereka. Mereka pun akan kagum pada kita, dan
akan menyampaikan terima kasihnya pada kita. Jangan lupakan kepada para
pembantu, sopir, pribadi, ojek langganan dan tukang sayur serta siapapun yang
punya andil hingga diri kita seperti saat ini.
Selamat hari pahlawan, ingat pahlawan sejati
tak pernah minta balas budi. Karena budi dan wati kini telah tiada diganti
dengan Ipin, Upin dan Kak Ros. Demikian
kicauanku di hari pahlawaan tahun ini. Semoga berkenan, dan terima kasih.
Dail Ma’ruf, M. Pd adalah
Guru SD Islam Al Azhar 10 Serang.
Kini masyarakat bisa laporkan oknum polisi yang berbuat tidak sesuai peraturan dan di luar kewenangannya.
Tonton cara melaporkan polisi berikut ini ;